VOX Valvenergy: Suara Klasik dengan Teknologi Modern

Pedal VOX Valvenergy bisa jadi pilihan utama bagi gitaris yang mencari efek pedal terbaik dengan teknologi mutakhir. Memanfaatkan teknologi Nutube, pedal analog ini menawarkan replikasi amplifier tonal legendaris yang menangkap esensi amplifier tabung klasik.

Salah satu fitur yang juga menonjol adalah layar osiloskop, yang memberikan visual dan kontrol atas output sound, dan linking pedal yang memberikan kebebasan untuk bereksperimen. Dengan VOX Valvenergy, seorang gitaris dapat mengakses beragam nada dan efek sambil menikmati kebebasan bereksperimen.

Mengenal Nutube pada Vox Valvenergy

Teknologi Nutube yang diciptakan oleh KORG Corporation bekerja sama dengan Noritake Itron Corporation, adalah inspirasi kemajuan inovatif dalam efek pedal. Teknologi Nutube telah membuka kemungkinan baru untuk para gitaris dalam membuat terobosan musik melalui efek pedal.

Nutube, mirip dengan tabung vakum konvensional, memiliki struktur filamen jaringan anoda, dan beroperasi persis seperti tabung vakum triode. Teknologi Nutube juga menciptakan nuansa kaya akan karakteristik seperti tabung vakum konvensional. Dengan menerapkan teknologi layar fluoresen vakum, Nutube dirancang dengan struktur yang menghasilkan miniaturisasi, penghematan daya, dan peningkatan kualitas yang besar jika dibandingkan dengan tabung vakum konvensional.

  • Miniaturisasi – Nutube berukuran kurang dari 30% ukuran tabung vakum konvensional.
  • Hemat Daya – Dengan memperkecil bentuknya, teknologi ini berhasil menghemat daya secara signifikan yang hanya memerlukan kurang dari 2% daya listrik dari tabung konvensional. Hal ini memungkinkan pengoperasian baterai yang efisien. Selain itu, Nutube mengadopsi katoda yang dipanaskan secara langsung sehingga secara signifikan mengurangi konsumsi daya listrik.
  • Peningkatan kualitas – Dengan mengadopsi aplikasi teknologi layar fluoresen vakum (“VFD”) Noritake Itron Corporation, Nutube telah mencapai kualitas produk yang tinggi dan masa pakai berkelanjutan yang lebih lama (hingga 30 ribu jam) dibandingkan tabung vakum konvensional. Nutube juga dapat dapat dipasang langsung ke circuit board tanpa perlu diganti secara berkala seperti tabung 12AX7.

Sound dengan karakteristik dan tonal amplifier legendaris

Seri VOX Valvenergy adalah rangkaian pedal inovatif yang mengambil inspirasi dari amplifier suara ikonik seperti US Boutique, VOX AC30, British Classic, dan US High Gain. Pedal ini merangkum esensi amplifier-amplifier legendaris tersebut. Dengan pedal VOX Valvenergy, gitaris dapat dengan mudah mencapai karakteristik suara yang kaya dan dinamis. Selain itu, layar OLED menampilkan osiloskop saat pedal aktif, sehingga pengguna dapat memahami dengan tepat bagaimana grafik sinyal menunjukan frekuensi suara yang keluar.

Empat pedal Vox Valvenergy masing-masing tersedia konektor untuk dihubungkan satu sama lain. Kemampuan linking pedal ini memungkinkan kita mengontrolnya seperti channel amplifier, dan ini adalah fitur yang sangat keren!

  • SILK DRIVE – terinspirasi oleh nada amplifier butik yang kaya akan harmonisasi. Silk Drive dapat dikatakan melampaui kategori amp-in-a-box dengan menawarkan pedal overdrive yang benar-benar fleksibel. Silk Drive adalah gaya overdrive yang sangat ‘clean’. Jika tombol BRIGHT disetel ke ON, kita dapat menambahkan nada upper range harmonic.
  • Mystic Edge –  Pedal ini didasarkan pada chime dan midrange dari VOX AC30 dalam format pedal yang kompak, juga memiliki fitur kontrol ‘Tone Cut’ seperti ampli VOX untuk mengubah karakter suara upper mid-range, membantu kita benar-benar mendapatkan suara overdrive klasik.
  • Copperhead Drive – Terinspirasi oleh nada ampli Inggris yang kental dan punchy. Tidak hanya itu, pedal efek ini dilapisi warna emas mirip dengan panel kontrol amplifier Inggris yang berbasis di Bletchley. Dalam mode standar, pedal efek ini memberikan rasa british yang kental. Pedal ini memiliki respon yang dinamis dan cukup intuitif. Kita dapat melakukan crunch halus bergaya Bluesbreaker dan cukup aktifkan tombol Bright jika kita membutuhkan lebih banyak harmoni untuk permainan solo.
  • Cutting Edge – Cutting Edge adalah monster metal, dengan suara raw bass-heavy yang agresif. Pedal overdrive ini menghasilkan nada brutal yang tidak akan ditemukan di pedal efek lain. Sekilas, terdengar seperti karakter suara amplifier yang sudah populer dan identik dengan musik metal, hard rock, atau grunge.

Eksplorasi tone dan effect yang mudah

Secara umum, masing-masing pedal memiliki karakternya sendiri dan keempat model tersebut memiliki banyak kesamaan, seperti kemampuan untuk merespons dengan baik dan pengaturan gain yang lebih tinggi tanpa harus mengalami distorsi nada. Kita dapat beralih dari overdrive clean ke overdrive yang lebih nge-rock hanya dengan memvariasikan kekuatan pick atau menggunakan kontrol volume gitar.
Pedal efek ini dapat digunakan sebagai pedal stomp biasa yang digunakan secara mandiri, untuk preamp, dan juga sebagai kabinet simulator dengan mode Cab Sim.

Setiap pedal dalam seri ini memberikan emulasi autentik dari inspirasi aslinya dan mampu menghasilkan kualitas sound premium. Mode Preamp memfasilitasi bagi para pemain yang suka bermain-main dengan line-level instrumen.

Mode Cab-Sim mengaktifkan simulator kabinet untuk direct recording dan juga dapat digunakan untuk mengirim sinyal ke perangkat PA system. Jika pada saat menggunakan mode cab sim kita mengalami suara yang terdengar agak tipis di level low end, kita dapat mengontrolnya dengan knob EQ dan tentunya hal ini sangat bermanfaat.

Kenapa harus punya VOX Valvenergy?

Dengan semua fitur yang sudah disebutkan, tidaklah terlalu muluk jika VOX Valvenergy disebut sebagai “The Most Wanted Pedal Effect”. Semua yang dibutuhkan seorang gitaris tersedia dalam rangkaian pedal VOX Valenergy ini. Dapat digunakan untuk merekam di studio maupun live di panggung. Dapat dikatakan, dengan memiliki rangkaian pedal ini, semua sudah tersedia secara sempurna di VOX Valvenergy.